SEJARAH LENGKAP KEBANGKITAN NASIONAL



SEJARAH LENGKAP KEBANGKITAN NASIONAL setiap tanggal 20 Mei kita kenal dengan hari kebangkitan nasional. Kebangkitan nasional lahir sekitar 105 tahun yang lalu dengan mempunyai makna kebangkitan nasional yang saat ini sudah terjadi pergeseran karena perkembangan dari jaman ke jaman. Pada saat lahirnya gerakan kebangkitan nasional kala itu tentu lebih menitikberatkan pada sebuah perjuangan untuk mewujudkan eksistensi diri sebagai bangsa. Yaitu sebagai bangsa yang merdeka dan berhak menentukan nasibnya sendiri.

Akan tetapi makna dari kebangkitan nasional sampai saat ini tentu kita fokuskan pada bagaimana upaya kita sebagai bangsa yang bangkit kembali dari situasi keterpurukan moral dan harga diri bangsa.  Gerakan kebangkitan nasional memperbaiki moral dan harga diri bangsa saat ini harus kita lakukan mulai dari diri kita masing-masing. Bagaimana kita bangkit memperbaiki moral kita, bagaimana kita bangkit memperbaiki akhlak dan perilaku kita. Ya semua harus kita mulai dari diri pribadi kita masing-masing. Gerakan kebangkitan nasional memperbaiki moral dan harga diri bangsa barangkali tidak cukup hanya dengan pidato atau ceramah-ceramah dari atas mimbar. Tetapi yang terpenting adalah adanya contoh atau suritauladan dari para pemimpin kita. Seorang ayah, sebagai pemimpin rumah tangga harus bisa menjadi contoh bagi keluarganya. Seorang manajer, harus bisa menjadi contoh bagi bawahannya. Seorang guru, harus bisa menjadi contoh bagi siswa-siswinya. Begitu seterusnya karena pada dasarnya setiap kita adalah pemimpin yang nanti akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT atas kepemimpinan kita.

Merosotnya Nilai moral inilah barangkali tidak terlepas dari nafsu serakah karena pola hidup hedonisme dan konsumerisme. Pola hidup tersebut mengajarkan bahwa harga diri seseorang dinilai dari melimpahnya harta kekayaan yang dimiliki dan gaya hidupnya. Sehingga untuk mencapai maksud tersebut apa pun ia lakukan. Bisa dengan cara tidak jujur atau pun bisa juga dengan cara mencari pinjaman meski gali lobang tutup lobang.

Untuk memaknai kebangkitan nasional saat ini marilah kita banyak introspeksi diri. Sudah seberapa besarkah yang bisa kita lakukan untuk negara dan bangsa ini. Jangan bertanya sebaliknya. Kemudian kita bulatkan tekad untuk memperbaiki moral dan akhlak kita serta kita tumbuhkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Bangga sebagai bangsa yang terhormat dan bangga memakai produk-produk Indonesia.

Demikianlah Informasi untuk kali ini yang mengulas tentang SEJARAH LENGKAP KEBANGKITAN NASIONAL
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: SEJARAH LENGKAP KEBANGKITAN NASIONAL
Ditulis Oleh Sarang Pendidikan
Semoga informasi SEJARAH LENGKAP KEBANGKITAN NASIONAL bisa memberikan manfaat bagi Anda.



Share this article :

Artikel Terkait:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. BERITA DUNIA PENDIDIKAN - All Rights Reserved